.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:95%; line-height: 1.4em; border-bottom:3px double #e6e4e3; }
YOU'LL NEVER WALK ALONE السلام عليكم ورحمة الله وبركته . . . ؟

WWW.DAYSCO.BLOGSPOT.COM

السلام عليكم ورحمة الله وبركته . . . ؟

pelindung sirkuit

Diposting oleh king the world Jumat, 01 April 2011


Komponen pelindung sirkuit
Bila sistem kelistrikan terkena air, maka kinerja kendaraan pun akan terganggu. Pabrikan mobil berupaya meminimalisasi gangguan/ kerusakan dengan memasang sistem pengaman sekring. Alat ini dapat memutus arus listrik ke komponen.

Piranti sekring, fusible link, dan circuit breaker digunakan sebagai komponen-komponen yang melindungi sirkuit listrik. Alat ini dipasang di dalam sirkuit listrik untuk melindungi kabel-kabel dan connector dari kemungkinan terjadinya korsleting. Ini sebagai akibat dari adanya arus listrik yang berlebih atau hubungan singkat/pendek.
Alat sekring (fuse) ditempatkan pada bagian tengah sirkuit kelistrikan. Bila terjadi arus pendek, maka akan terjadi kelebihan beban listrik. Sekring secara otomatis akan memutuskan lempeng atau kawat tembaga yang ada di dalamnya. Seiring dengan itu, kabel atau komponen penting tidak menjadi rusak.
Secara tipe, sekring dikelompokkan kedalam model blade dan fusible link. Tipe blade paling banyak digunakan karena bentuknya yang kompak. Elemen metal yang berada di dalam sekring mudah dilihat karena rumah pelindungnya tembus pandang.
Di bagian bawahnya tertulis kode warna untuk masing-masing tingkat arus, yang berkisar antara 5A hingga 30A. Kapasitas sekring 5A memiliki warna coklat kekuning-kuningan. Kemudian 7,5A coklat, 10A merah, 15A biru, 20A kuning, 25A tidak berwarna (bening), dan 30A hijau.
Tipe kedua, fusible link, dipakai untuk arus listrik yang lebih besar. Bentuknya lebih besar dan mempunyai elemen yang lebih tebal. Seperti juga sekring, fusible link juga dapat terbakar atau putus. Kalau sudah putus harus diganti dengan yang baru. Model fusible link diklasifikan ke dalam tipe link dan tipe cartridge. Jenis cartridge dilengkapi dengan terminal dan bagian sekring dalam satu unit. Rumahnya diberi kode warna untuk masing-masing tingkatan arus. Kapasitas 30A memakai warna merah muda, 40A hijau, 50A merah, 60A kuning, 80A hitam dan 100A biru.
Perangkat circuit breaker digunakan sebagai pengganti sekring untuk melindungi dari kesulitan pengiriman tenaga di dalam sirkuit. Komponen ini biasanya berada dalam sirkuit yang menggerakkan power windows, sunroo, dan sirkuit pemanas atau heater.
Konstruksinya terdiri dari lempengan bimetal yang dihubungkan pada kedua terminal, satu di antaranya bersentuhan. Cara kerja alat ini adalah saat arus yang berlebihan mengalir melalui circuit breaker, maka bimetal menjadi panas. Ini menyebabkan lempengan membengkok, sehingga hubungan circuit breaker menjadi terbuka dan memutuskan aliran listrik. Circuit breaker dapat disetel dengan model otomatis dan biasa.
Jenis otomatis, biasanya 7,5A. Ini digunakan untuk melindungi sirkuit berarus 12V dari arus yang berlebih. Jenis manual ini biasa dipakai untuk sistem 12 V dan 24 V dengan ukuran arus dari 10A, 14A,20A, dan 30A. Circuit breaker disimpan dalam junction block atau kotak sekring.

Posting Komentar