Empat proses tersebut terbagi dalam siklus :
LANGKAH HISAP : Bertujuan untuk memasukkan udara beserta bahan bakar ke dalam silinder untuk proses pembakaran.
Proses dalam LANGKAH HISAP :
1. Klep inlet terbuka dan klep keluar tertutup.
2. iston bergerak menghisap dari TITIK ATAS ke TITIK BAWAH.
3. ahan bakar dan udara masuk ke silinder karen proses penghisapan silinder pada silinder.
Langkah Kompresi : Tujuan dari langkah kompresi adalah untuk meningkatkan temperatur sehingga campuran udara-bahan bakar dapat bersenyawa. Rasio kompresi ini juga nantinya berhubungan erat dengan produksi tenaga.
Proses dalam LANGKAH HISAP :
1. Klep inlet dan klep keluar menutup.
2. Piston bergerak kembali dari TITIK BAWAH ke TITIK ATAS akibat momentum dari kruk as dan flywheel.
3. tejadi proses penekanan pada blok silinder.
Langkah Ledakan : Terjadinya ledakan pada blok silinder sehingga menghasilkan energi gerak.
Prosesnya dalam LANGKAH LEDAKAN :
1. Kedua klep masih tertutup.
2. Busi menyalakan bunga api sehingga terjadi ledakan pada blok silinder.
3. Ledakan mengakibatkan silinder bergerak dari TITIK ATAS ke TITIK BAWAH dan menghasilkan energi gerak pada mesin.
LANGKAH BUANG : Tujuan dari langkah buang adalah membuang gas sisa pembakaran (ledakan).
Prosesnya adalah :
1. Klep inlet tertutup dan klep keluar terbuka.
2. Counter balance weight pada kruk as memberikan gaya normal untuk menggerakkan piston dari TMB ke TMA.
3. Gas sisa hasil pembakaran didesak keluar oleh piston melalui port exhaust menuju knalpot.