.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:95%; line-height: 1.4em; border-bottom:3px double #e6e4e3; }
YOU'LL NEVER WALK ALONE السلام عليكم ورحمة الله وبركته . . . ؟

WWW.DAYSCO.BLOGSPOT.COM

السلام عليكم ورحمة الله وبركته . . . ؟

TANDA-TANDA WANITA & PRIA MANDUL, BAGAIMANA MENGATASINYA?

Diposting oleh king the world Minggu, 05 Juni 2011


Mandul, dalam bahasa kedokteran disebut infertilit. Ini merupakan istilah untuk menyebut pasangan yang gagal untuk hamil. Walaupun mereka sudah berusaha selama setahun. Apakah perempuan yang berhasil hamil namun selalu keguguran juga bisa disebut mandul? Jawabannya, iya.

Sebelum membahas tentang masalah ini, mari kita pahami dulu tentang kehamilan. Kehamilan merupakan hasil dari suatu proses rumit. Kehamilan bisa terjadi jika didukung oleh beberapa faktor berikut ini :

v Perempuan dapat menghasilkan sel telur. Sel telur ini berasal dari indung telur atau ovarium. Faktor ini bisa terjadi jika perempuan dalam kondisi sehat terutama keseimbangan hormon-hormonnya. Perempuan yang kekurangan mineral zinc akan memiliki hormon yang tidak seimbang. Salah satunya ditandai dengan haid yang tidak teratur

- Sel telur harus bergerak menuju rahim melalui saluran tuba. Pergerakan ini didukung oleh adanya mineral kalsium dalam tubuh. Seorang perempuan yang kekurangan kalsium akan sulit mengalami proses ini. Salah satu tanda perempuan kekurangan kalsium adalah mengalami sakit saat haid. Misalnya kram dan nyeri punggung.

- Ketika terjadi proses perjalanan sel telur ini, sperma laki laki harus membuahi sel telur. Sperma bisa berjalan dengan ekornya. Untuk berjalan, ekor juga membutuhkan ion kalsium. Begitu juga dengan ujung sperma. Jika kekurangan kalsium maka sperma tidak bisa menembus sel ovum

v Telur yang sudah dibuahi kemudian harus menempel pada dinding rahim bagian dalam. Maka kesehatan rahim juga menentukan proses kehamilan (fertilitas

Jadi, mandul terjadi bila keempat proses diatas mengalami gangguan. Apakah perempuan saja yang bisa mengalami kemandulan?

Tidak. Faktor perempuan hanya sepertiga dari total penyebab terjadinya kasus infertilitas. Sepertiganya lagi merupakan faktor laki laki. Kemudian sisanya, merupakan gabungan antara faktor laki laki dan perempuan.

Penyebab kemandulan pada laki laki?

Laki laki umumnya bisa mandul disebabkan oleh :

v Gangguan pada pabrik sperma sehingga sel sperma yang dihasilkan sedikit atau tidak sama sekali.

v Gangguan kualitas sperma. Sperma dengan kualitas jelek tidak dapat mencapai sel telur dan membuahinya. Mati dalam perjalanan. Masalah ini biasanya disebabkan oleh karena bentuk sperma yang tidak normal sehingga pergerakannya pun tidak normal atau faktor lain.

Gangguan pada pabrik sperma

Gangguan produktivitas sperma bisa disebabkan oleh :

- Infeksi Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti Gonorhoe, Sipilis, Herpes, Klamidia, Kandidiasis, Human Papilloma Virus, dll. Bakteri, kuman, virus, dan jamur bisa masuk ke organ seksual laki-laki seperti organ testis (tempat penyimpanan sperma). Organ ini bisa mengalami kerusakan akibat infeksi PMS

- Cacat permanen. Cacat bisa terjadi akibat kecelakaan atau cacat bawaan lahir

- Gangguan hormon kesuburan. Kekurangan kalsium dan zinc akan mengakibatkan hormon kesuburan laki-laki terganggu.

Gangguan kualitas sperma

- Gangguan hormon kesuburan. Kekurangan kalsium dan zinc akan mengakibatkan sperma kurang dalam jumlah dan kualitasnya. Sperma jadi lemah dan rawan mati di perjalanan mencapai sel telur

- Diabetes. Diabetes bisa merusak organ-organ vital seperti paru-paru, ginjal, jantung, pembuluh darah penis, dan metabolisme hormon dan tubuh secara keseluruhan. Diabetes bisa mengakibatkan impotensi.

- Tekanan darah tinggi. Hipertensi bisa menyebabkan kerusakan kualitas sperma

- Stres. Tekanan kejiwaan juga dapat memperburuk kualitas sperma

- Radiasi. Radiasi elektromagnetis dari peralatan elektronik seperti HP, pemancar, listrik tegangan tinggi dapat juga merusak sperma

Apa yang menyebabkan laki laki mandul?

Biang kerok dari semua ini adalah perubahan gaya hidup. Beberapa gaya hidup yang tidak bersahabat dengan sperma antara lain :

- Kekurangan nutrisi seperti kalsium, zinc, protein, dan nutrisi pendukung lainnya

- Minuman alkohol

- Narkoba

- Polusi udara. Kandungan logam berat pada udara bisa merusak kesuburan

- Merokok

- Masalah kesehatan lainnya. Seperti infeksi PMS, kanker, hipertensi, diabetes, stres dan depresi, gagal ginjal, dll

- Obat obatan yang tidak jelas. Penggunaan obat-obat kuat kimia juga dapat merusak fungsi alamiah organ seksual.

- Penggunaan radiasi dan kemoterapi untuk pengobatan kanker.

- Umur

Apa yang menyebabkan perempuan mandul?

Gangguan yang paling sering dialami perempuan mandul adalah gangguan ovulasi. Bila ovulasi tidak terjadi maka tidak akan ada sel telur yang bisa dibuahi. Salah satu tanda wanita yang mengalami gangguan ovulasi adalah haid yang tidak teratur dan haid yang tidak ada sama sekali. Hal ini bisa diatasi salah satunya dengan mengkonsumsi secara teratur nutrisi kalsium dan zinc

Gangguan lainnya adalah :

- Tertutupnya lubang saluran tuba yang disebabkan oleh karena infeksi, endometriosis dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik

- Gangguan fisik rahim

- Mioma uteri

- Umur

- Stress

- Kurang gizi

- Terlalu gemuk dan terlalu kurus.

- Merokok

- Alkohol

- Radiasi elektromagnetis

- Penyakit menular seksual

- Kanker serviks, myom, kista

- Gangguan kesehatan yang menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon

- Aborsi

Banyak perempuan yang menunda kehamilan sampai dengan umur 30 tahun. Faktanya, hanya 20 persen kelompok usia ini yang mempunyai kemampuan untuk hamil. Jadi umur memegang peranan penting dalam masalah kesuburan. Umur menurunkan kemampuan seorang perempuan untuk hamil karena :

- Kemampuan indung telur melepaskan sel telur akan menurun seiring dengan bertambahnya umur

- Semakin tua seorang perempuan, maka kualitas sel telur yang dihasilkan juga ikut ikutan menurun

- Pada perempuan berumur sering dijumpai penyakit lain yang mempengaruhi kesuburan

- Perempuan yang sudah berumur rentan mengalami keguguran.

Apa yang harus dilakukan seorang perempuan agar hamil sebelum ke dokter?

Bagi perempuan sehat berusia di bawah 30 tahun, tidak perlu khawatir mandul. Kecuali bagi mereka yang sudah selama satu tahun berusaha tapi ternyata tidak hamil juga, maka perlu waspada. Bila hal ini terjadi baru mereka harus ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Suami harus ikut datang menemani. Sehingga dokter bisa berdiskusi apakah gagalnya kehamilan bisa disebabkan kondisi suami.

Bagi perempuan berumur diatas 30 tahun, mereka harus segera ke dokter untuk memeriksa kesuburan. Apalagi jika telah mengusahakan kehamilan selama 6 bulan tapi gagal. Kemampuan seorang perempuan yang berusia diatas 30 tahun untuk hamil akan menurun dengan cepat.

Beberapa masalah kesehatan yang meningkatkan resiko terjadinya kemandulan antara lain :

- Haid yang tidak teratur atau tidak muncul sama sekali

- Nyeri haid yang diluar kebiasaan

- Endometriosis

- Penyakit radang panggul

- Penyakit menular seksual

- Kanker, kista, myom

- Keguguran lebih dari sekali

- Aborsi

Tidak peduli berapapun usia anda, bila salah satu dari kelima hal diatas terjadi maka sebaiknya anda segera ke dokter sebelum anda memutuskan untuk hamil. Dokter akan membantu anda menyiapkan fisik yang optimal bagi kehamilan anda.

Bagaimana dokter mendeteksi kemandulan?

Terkadang dokter baru tahu sepasang suami istri mengalami kemandulan setelah melakukan tes kesuburan yang lengkap. Tes ini biasanya dimulai dengan pemeriksan fisik. Kemudian dilanjutkan dengan menanyakan riwayat kesehatan terdahulu.

Jika ternyata ditemukan masalah yang bisa diselesaikan dengan tes kesuburan maka tes akan dilakukan. Tapi jika tidak maka akan disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli lainnya

Menemukan penyebab kemandulan merupakan proses yang panjang, komplek dan sangat emosional. Bahkan ada beberapa kasus yang butuh waktu berbulan-bulan untuk sekedar menyelesaikan semua pemeriksaan dan tes kesuburan. Jadi jangan heran jika biaya yang diperlukan sangatlah mahal. Tentu seringkali hal ini bisa membuat pasangan mandul jadi putus asa dalam melanjutkan tes sampai dengan selesai.

Pada laki laki, biasanya dokter memulai pemeriksaan dengan melakukan tes kualitas sperma. Dokter akan melihat jumlah, bentuk dan pergerakan sperma. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan tes kadar hormon laki laki.

Pada perempuan, langkah pertama dokter melakukan tes untuk mengetahui apakah telah terjadi ovulasi tiap bulan. Misalnya, meminta pasien mencatat terjadinya ovulasi di rumah dengan cara mengukur suhu tubuh di pagi hari dalam beberapa bulan. Pasien juga diminta mencatat kondisi dan gambaran lendir servik dalam beberapa bulan. Serta mencatat gambaran siklus menstruasi yang terjadi. Semua catatan tersebut akan dianalisa oleh dokter sehingga diketahui ada tidaknya masalah pada ovulasi.

Dokter juga bisa melakukan tes darah dan USG ovarium untuk mengetahui terjadinya ovulasi pada seorang perempuan. Jika ternyata ovulasi berlangsung dengan normal maka diperlukan tes lanjutan.

Beberapa tes kesuburan lanjutan pada perempuan antara lain :

- Histerosalpingografi (HSG). Dokter akan melakukan rontgen untuk melihat bentuk fisik dari saluran tuba dan rahim. Tes dimulai dengan memasukan cairan khusus ke rahim melalui vagina. Cairan ini harus tampak pada foto rontgen. Dokter akan melihat apakah cairan ini bergerak normal dari dalam rahim menuju saluran tuba. Jika terdapat sumbatan maka pergerakan cairan akan terhenti pada sumbatan tersebut. Sumbatan inilah yang akan menghalangi pergerakan sel telur di dalam saluran tuba menuju rahim. Sumbatan juga menghalangi sperma yang akan membuahi sel telur.

- Laparoskopi. Dokter akan menggunakan alat yang disebut laparoskop guna melihat keadaan bagian dalam rongga perut. Dokter akan membuat irisan kecil pada kulit perut bagian bawah lalu memasukan alat laparoskop. Dengan menggunakan laparoskop, dokter dapat melihat kondisi ovarium, saluran tuba dan rahim apakah terjadi masalah fisik yang disebabkan oleh suatu penyakit. Dokter juga dapat menemukan terjadinya endometriosis dengan alat ini.

Bagaimana cara mengobati kemandulan?

Kemandulan dapat diobati dengan obat, pembedahan dan inseminasi serta bayi tabung. Pada beberapa keadaan semua cara tersebut akan digabung. Sepertiga dari pasangan mandul akan dapat memiliki anak setelah diobati dengan baik dan tepat. Sebagian besar kasus kemandulan ditangani dengan obat obatan dan pembedahan.

Seorang dokter akan melakukan tindakan berdasarkan pada :

- Hasil tes kesuburan

- Umur dari pasangan mandul

- Kondisi kesehatan pasangan secara umum

- Keinginan pasien.

Terapi untuk mengatasi kemandulan

Jika kemandulan penyebabnya adalah masalah gangguan hormon, impotensi, ejakulasi dini maka Anda dapat melakukan terapi kesuburan. Anda dapat memesan dan mengkonsumsi secara rutin beberapa kombinasi produk berikut ini :

- Calcium 1. Produk ini merupakan kalsium terbaik di dunia tanpa efek samping dan dengan tingkat penyerapan tertinggi (95%). Jadi produk ini berbeda sekali dengan produk kalsium di pasaran. Selain untuk mengatasi osteoporosis, rutin mengkonsumsi produk ini dapat mengatasi masalah kualitas sel telur, kualitas sperma, merangsang pertumbuhan kuman positif di vagina untuk melindungi sperma dari kematian, dan meningkatkan gairah seksual

- Zinc Supplement. Kekurangan mineral zinc dapat mengakibatkaln gangguan sistem hormon, menurunnya gairah seks, terganggunya reaksi biokimia tubuh, pembelahan sel terganggu, anemia, haid sakit dan gangguan kesuburan

- Dycepsin. Produk nutrisi ini dapat memperbaiki ginjal lemah, jantung, paru-paru, melancarakan peredaran darah penis, mengatasi ejakulasi dini, dan meningkatkan kualitas ereksi. Dycepsin juga berfungsi sebagai antibiotik alami tanpa efek samping untuk meningkatkan antibodi dan mengatasi penyakit menular seksual dan kanker

- P. Ginseng. Berfungsi untuk mengatasi depresi, meningkatkan vitalitas, meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, dan meningkatkan gairah seksual

Untuk pemesanan Anda dapat menghubungi/SMS 0813 2277 5634

Perhatian : Sebelum melakukan tahap terapi sangat disarankan untuk melakukan detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Agar nutrisi di atas dapat diserap tubuh dengan maksimal

Jika kemandulan ternyata disebabkan oleh cacat anatomi, maka dokter akan melakukan tindakan lain seperti pembedahan. Misalnya pada ovarium, saluran tuba dan rahim . Pada kondisi tertentu dokter juga akan mengusulkan pada pasien untuk melakukan Inseminasi intra uterine. Teknik ini, sekarang sudah banyak dipakai oleh para dokter dalam menangani pasien dengan kemandulan. Caranya adalah dengan menyuntikan sel sperma pilihan ke dalam rahim. Sebelum dilakukan tindakan sang perempuan terlebih dahulu diberikan obat perangsang ovulasi.

Inseminasi dilakukan jika :

- Masalah kemandulan pada laki laki ringan

- Perempuan yang bermasalah dengan lendir serviks yang menyebabkan mandul

- Kemandulan yang tidak ditemukan penyebabnya

Posting Komentar