.breadcrumbs { padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:95%; line-height: 1.4em; border-bottom:3px double #e6e4e3; }
YOU'LL NEVER WALK ALONE السلام عليكم ورحمة الله وبركته . . . ؟

WWW.DAYSCO.BLOGSPOT.COM

السلام عليكم ورحمة الله وبركته . . . ؟

JENIS SUSPENSI BAGIAN DEPAN

Diposting oleh king the world Kamis, 31 Maret 2011


JENIS SUSPENSI BAGIAN DEPAN
1. Telescopic fork
Telescopic fork terdiri dari inner tube dan outer¬tube. ujung bagian bawah dari outer tube dipa¬sang as roda depan. dan ujung atas inner tube terpasang under-bracket.

Telescopic fork ditekan dan ditarik oleh gulungan per dan oli peredam. Sistim ini mempunyai ke¬kuatan yang sempurna dengan langkah peredam yang panjang sehingga mempunyai faktor pe¬redam yang sangat besar. Sekarang ini telescopic fork digunakan sangat luas, beberapa dari telescopic fork digunakan pada sepeda motor ukuran kecil, tidak mempu¬nyai peredaman oli (oil damper) dan selain itu di¬kombinasikan dengan peredaman karet.

Dua tipe suspensi telescopic fork :

a. Tipe piston slide
Piston dan slide metal bergerak dengan bagian tabung luar. Pada posisi ini, kontak areanya ke¬cil dan tekanan permukaannya tinggi. Pernya terpasang pada bagian luar dari inner tube. dampernya ditempatkan pada celah antara Inner tube dan outer tube, Sesuai dengan hal itu, gaya redam untuk gaya menyamping lebih lemah sehingga karakteristik damper mudah berubah dalam kondisi kerja berat dan limit langkahnya 150 mm. tipe ini banyak digunaan pada model sport.

b. Tipe per dalam/lnner spring type
Tipe ini dikembangkan oleh perusahaan Itali Ceriani. Bagian inner tube dan outer tube melun¬cur saling berlawanan sehingga kontak area luas dan tekanan permukaan rendah yang membuat faktor regiditas tinggi. per/spring terpasang dalam inner tube, dan dapat melentur dengan langkah yang panjang (lebih dari 300 mm)
letak damper independent, dibuat didalam inner tube, dengan sedikit perubahan karakteristik. Umumnya dipakai pada sepeda motor sport.
Untuk tipe yang sama, ada tipe yang mengguna¬kan tempat luncuran piston, dan letak damper yang independent dibawah outer tube. Konstruk¬si yang bervariasi ini, tergantung dari pabrik.

2. Fork tipe Link (Bottom link fork)
Tipe ini terbuat dari plat-plat baja dan memi¬liki cushion unit yang terdapat didalamnya. ujung bawah dari fork menopang roda depan melalui linkage. Cushion unit terdiri dari coil spring dan oil damper, kerja yang halus dapat terjamin oleh linkage tersebut.
Tipe fork ini terutama digunakan untuk moped, sepeda motor ukuran kecil, dan sepeda motor scooter yang menggunakan roda kecil.
Ada dua tipe yaitu : Leading link dan Trailling ¬link. tergantung dari posisi pivot dan posisi roda

Posting Komentar